Sunday, January 15, 2017

HUKUM SENGGAMA (JIMAK, HUBUNGAN INTIM) SETELAH BERHENTI HAID SEBELUM BERSUCI

Wanita haid yang sudah berhenti darah haidnya tetap tidak boleh (haram) bersenggama (jimak/bersetubuh) dengan suaminya kecuali setelah bersuci atau mandi besar.

Adapun dasar hukumnya sebagai berikut:

1. Quran Surat Al-Baqarah 2:222

ﻓﺎﻋﺘﺰﻟﻮﺍ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺤﻴﺾ، ﻭﻻ ﺗﻘﺮﺑﻮﻫﻦ ﺣﺘﻰ ﻳﻄﻬﺮﻥ، ﻓﺈﺫﺍ ﺗﻄﻬﺮﻥ ﻓﺄﺗﻮﻫﻦ ﻣﻦ ﺣﻴﺚ ﺃﻣﺮﻛﻢ ﺍﻟﻠﻪ، ﺇﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺤﺐ ﺍﻟﺘﻮﺍﺑﻴﻦ ﻭﻳﺤﺐ ﺍﻟﻤﺘﻄﻬﺮﻳﻦ

Artinya: Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, hlm. 1/588, dijelaskan maksud ayat di atas sbb:

ﻭﻗﺪ ﺍﺗﻔﻖ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺇﺫﺍ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺣﻴﻀﻬﺎ ﻻﺗﺤﻞ ﺣﺘﻰ ﺗﻐﺘﺴﻞ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ﺃﻭ ﺗﺘﻴﻤﻢ

Artinya: Ulama sepakat bahwa perempuan (istri) apabila selesai masa haidnya tidak halal (hubungan intim) kecuali setelah mandi dengan air atau tayammum.

2. Jumhur (mayoritas) ulama dari 3 madzhab utama yaitu Malikiy, Syafi’i dan Hanbali, sepakat bahwa hubungan intim (dukhul) antara wanita haid yang sudah berhenti darahnya dengan suaminya itu haram kecuali setelah mandi (ghusl) atau bersuci.

3. Yusuf Qardhawi menghukumi haram bersetubuhnya wanita haid sebelum bersuci walaupun darah sudah mampet (berhenti)

ﺟﻤﻬﻮﺭ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﻳﺮﻭﻥ : ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻟﻠﺰﻭﺝ ﺃﻥ ﻳﺠﺎﻣﻊ ﺯﻭﺟﺘﻪ ﺇﻻ ﺑﻌﺪ ﺃﻥ ﺗﻐﺘﺴﻞ، ﺃﻱ ﺗﻐﺴﻞ ﺭﺃﺳﻬﺎ ﻭﺟﺴﺪﻫﺎ ﻛﻠﻪ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ

Artinya: Jumhur ulama berpendapat bahwa tidak boleh bagi suami menjimak istrinya kecuali setelah si istri mandi yakni membasuh kepala dan seluruh tubuhnya dengan air.
Imam Jalaluddin as-Suyuthi membolehkan terjadinya senggama antara suami-istri apabila darah haid sudah berhenti.

Dalam Ianah at-Thaalibiin I/85, Al-Bakri menyatakan:

ﺧﻼﻓﺎ ﻟﻤﺎ ﺑﺤﺜﻪ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﺠﻼﻝ ﺍﻟﺴﻴﻮﻁ - ﺃﻱ ﻣﻦ ﺣﻞ ﺍﻟﻮﻁﺀ ﺃﻳﻀﺎ ﺑﺎﻻﻧﻘﻄﺎﻉ

Artinya: Berbeda dengan yang dibahas Jalaluddin Suyuthi yakni halalnya hubungan intim dengan sebab putusnya darah haid.

4. Madzhab Hanafi membolehkan terjadinya hubungan intim (jimak) apabila darah haid putus dan waktu haid sudah melewati 10 hari.

ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ : ﺇﻥ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺍﻟﺪﻡ ﻷﻗﻞ ﻣﻦ ﻋﺸﺮﺓ ﺃﻳﺎﻡ ـ ﻭﻫﻲ ﺃﻛﺜﺮ ﺍﻟﺤﻴﺾ ـ ﻟﻢ ﻳﺤﻞ ﻭﻃﺆﻫﺎ ﺣﺘﻰ ﺗﻐﺘﺴﻞ، ﺃﻭ ﻳﻤﻀﻲ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭﻗﺖ ﺻﻼﺓ، ﻭﺅﻥ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﻟﻌﺸﺮﺓ ﺃﻳﺎﻡ ﺟﺎﺯ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺴﻞ، ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ‏( ﺣﺘﻰ ﻳﻄﻬﺮﻥ ‏) ﻳﻨﻘﻄﻊ ﺍﻟﺤﻴﺾ . ﺣﻤﻠﻮﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻌﺸﺮﺓ . ﻭﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﺘﺸﺪﻳﺪ ﺣﻤﻠﻮﻫﺎ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺩﻭﻥ ﺍﻟﻌﺸﺮﺓ، ﻋﻤﻼ ﺑﺎﻟﻘﺮﺍﺀﺗﻴﻦ . ﻫﻜﺬﺍ ﻗﺎﻟﻮﺍ . ﻭﻷﻥ ﻣﺎ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻌﺸﺮﺓ ﻻ ﻳﺤﻜﻢ ﺑﺎﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺤﻴﺾ، ﻻﺣﺘﻤﺎﻝ ﻋﻮﺩ ﺍﻟﺪﻡ، ﻓﻴﻜﻮﻥ ﺣﻴﻀﺎ، ﻓﺈﺫﺍ ﺍﻏﺘﺴﻠﺖ ﺃﻭ ﻣﻀﻰ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭﻗﺖ ﺻﻼﺓ : ﺩﺧﻠﺖ ﻓﻲ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻄﺎﻫﺮﺍﺕ . ﻭﻣﺎ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻌﺸﺮ ﺣﻜﻤﻨﺎ ﺑﺎﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺤﻴﺾ، ﻷﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺭﺃﺕ ﺍﻟﺪﻡ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺣﻴﻀﺎ ﻓﻠﻬﺬﺍ ﺣﻞ ﻭﻃﺆﻩ

Artinya: Mazhab Hanafi berkata:

Apabila darah haid sudah berhenti kurang dari 10 hari -- yaitu masa haid paling lama -- maka tidak halal hubungan intim kecuali setelah mand atau lewat baginya waktu shalat.

Apabila darah haid putus setelah 10 hari maka boleh jimak sebelum mandi.

ﻭﺗﺴﺘﻤﺮ ﺣﺮﻣﺔ ﺍﻟﻮﻁﺀ ﻭﺍﻻﺳﺘﻤﺘﺎﻉ ﺑﻤﺎ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺴﺮﺓ ﻭﺍﻟﺮﻛﺒﺔ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ ﻭﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﺣﺘﻰ ﺗﻐﺘﺴﻞ، ﺃﻱ ﺗﻄﻬﺮ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ﻻ ﺑﺎﻟﺘﻴﻤﻢ، ﺇﻻ ﻓﻲ ﺣﺎﻝ ﻓﻘﺪ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺃﻭﺍﻟﻌﺠﺰ ﻋﻦ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ، ﻓﻴﺒﺎﺡ ﺍﻟﻮﻁﺀ ﺑﺎﻟﺘﻴﻤﻢ . ﻭﺍﺳﺘﺪﻟﻮﺍ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : } ﻓﺎﻋﺘﺰﻟﻮﺍ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺤﻴﺾ، ﻭﻻ ﺗﻘﺮﺑﻮﻫﻦ ﺣﺘﻰ ﻳﻄﻬﺮﻥ، ﻓﺈﺫﺍ ﺗﻄﻬﺮﻥ ﻓﺄﺗﻮﻫﻦ ﻣﻦ ﺣﻴﺚ ﺃﻣﺮﻛﻢ ﺍﻟﻠﻪ { ‏[ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ : 222/2 ‏] ﻓﺎﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺷﺮﻁ ﻟﺤﻞ ﺍﻟﻮﻁﺀ ﺷﺮﻃﻴﻦ : ﺍﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺪﻡ، ﻭﺍﻟﻐﺴﻞ، ﺍﻷﻭﻝ ﻣﻦ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : } ﺣﺘﻰ ﻳﻄﻬﺮﻥ { ‏[ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ : 222/2 ‏] ﺃﻱ ﻳﻨﻘﻄﻊ ﺩﻣﻬﻦ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﻣﻦ ﻗﻮﻟﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ : } ﻓﺈﺫﺍ ﺗﻄﻬﺮْﻥ { ﺃﻱ ﺍﻏﺘﺴﻠﻦ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ } ﻓﺄﺗﻮﻫﻦ { ‏[ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ : 222/2 ‏] ﻓﺘﺼﻴﺮ ﺇﺑﺎﺣﺔ ﻭﻃﺌﻬﺎ ﻣﻮﻗﻮﻓﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻐﺴﻞ . ﻭﻫﺬﺍ ﻫﻮ ﺭﺃﻱ ﺍﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ ﺃﻳﻀﺎً ﻓﻲ ﺣﺮﻣﺔ ﺍﻟﻮﻁﺀ ‏( ﺍﻟﺠﻤﺎﻉ ‏) .
Malikiyyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah berpendapat “Dan keharaman menyetubuhi dan mencumbui anggauta tubuh antara pusat dan lutut istri terus berlangsung hingga ia menjalani mandi bukan menjalani tayammum terkecuali saat tidak ada air atau tidak dapat menggunakan air karena suatu sebab yang memperbolehkan baginya tayammum maka boleh menyetubuhinya dengan menjalani tayammum,berdasarkan firman Allah : “Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci” (QS. 2.222).

Dalam ayat di atas Allah menghalalkan kehalalan menyenggamai istri dengan dua syarat :

• Terputusnya darah haid
• Mandi

Dengan demikian kebolehan menggaulinya ditangguhkan hingga istri melaksanakan mandi. [ Al-Fiqh al-Islaam I/553 ].

Demikian pendapat dalam 3 madzhab besar (Malikiyyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah). Namun dalam kitab fath al-mui'in terdapat keterangan bahwa Imam Jalaluddin as-Suyuthy menghalalkan jima setelah berhentinya haid meskipun belum mandi.

ﻭﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ ﺃﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ﻣﻦ ﺍﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ 1/85 ﻣﺎ ﻧﺼﻪ ﻭﻳﺤﺮﻡ ﺑﻪ ‏( ﺃﻱ ﺑﺎﻟﺤﻴﺾ ‏) ﻣﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﺑﺎﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ... ﻭﺍﺫﺍ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺩﻣﻬﺎ ﺣﻞ ﻟﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﺻﻮﻡ ﻻ ﻭﻁﺀ ﺣﻼﻓﺎ ﻟﻤﺎ ﺑﺤﺜﻪ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﺠﻼﻝ ﺍﻟﺴﻴﻮﻃﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ 1/85 ﻗﻮﻟﻪ ‏( ﺧﻼﻓﺎ ﻟﻤﺎ ﺑﺤﺜﻪ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﺠﻼﻝ ﺍﻟﺴﻴﻮﻃﻲ ‏) ﺃﻱ ﻣﻦ ﺣﻞ ﺍﻟﻮﻁﺀ ﺃﻳﻀﺎ ﺑﺎﻻﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻫـ

Dalam kitab fathul muin dijelaskan: Dan haram sebab haid semua yang diharamkan sebab junub.... dan ketika darahnya sudah bersih maka halal baginya sebelum mandi untuk berpuasa tidak halal jima. Haramnya jima ini berbeda dengan pendapat imam Jalaluddin As-Suyuthi. [ I'aanah at-Thaalibiin I/85 ].

ﻭﺇﺫﺍ ﻃﻬﺮﺕ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﻭﺗﻢ ﺍﻹﺳﺘﺒﺮﺍﺀ ﺑﻘﻲ ﺗﺤﺮﻳﻢ ﺍﻟﻮﻁﺀ ﺣﺘﻰ ﺗﻐﺘﺴﻞ ﻭﻳﺤﻞ ﺍﻹﺳﺘﻤﺘﺎﻉ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ .

Dan bila ia telah suci dari haidnya, sempurna istibra’nya maka masih tetap hukum keharaman menggaulinya hingga ia melaksanakan mandi. Dan halal mencumbuinya (bukan setubuh, sekedar frenc kiss misalnya) sebelum ia mandi menurut pendapat yang shahih. [ Raudhah at-Thoolibiin III/263 ].

( ﻓَﺎﺋِﺪَﺓٌ ‏) ﺍﻟْﻮَﻁْﺀُ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﻐُﺴْﻞِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﻴْﺾِ ﺃَﻭْ ﺑَﻌْﺪَﻩُ ﻳُﻮﺭِﺙُ ﺍﻟْﺠُﺬَﺍﻡَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻮَﻟَﺪِ ﻛَﻤَﺎ ﻗِﻴﻞَ ، ﻭَﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺃَﻋْﻠَﻢُ

[ FAEDAH ] Menyetubuhi istri sebelum ia mandi saat haid atau setelah usai haid menyebabkan penyakit lepra pada anak seperti dikatakan oleh sebuah pendapat. [ Hasyiyah al-Qalyubi II/52 ].
Jawaban khilaf juga diterangkan dalam Syarah Shohih Buhoriy :

ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ : ﺷﺮﺡ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻯ ﺍﻟﻤﺆﻟﻒ : ﺃﺑﻮ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﻋﻠﻲ ﺑﻦ ﺧﻠﻒ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﺑﻦ ﺑﻄﺎﻝ ﺍﻟﺒﻜﺮﻱ ﺍﻟﻘﺮﻃﺒﻴﻜِﺘَﺎﺏ ﺍﻟْﺤَﻴْﺾ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ : ‏( ﻳَﺴْﺄَﻟُﻮﻧَﻚَ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻤَﺤِﻴﺾِ ﻗُﻞْ ﻫُﻮَ ﺃَﺫًﻯ ‏( ﺇِﻟَﻰ : ‏( ﺍﻟْﻤُﺘَﻄَﻬِّﺮِﻳﻦَ ‏) ‏[ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ : 222 ‏] . ﺍﺧﺘﻠﻒ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻓﻰ ﺗﺄﻭﻳﻞ ﻫﺬﻩ ﺍﻵﻳﺔ ، ﻓﻘﺎﻟﺖ ﻃﺎﺋﻔﺔ : ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻭﻁﺀ ﺍﻟﺤﺎﺋﺾ ، ﻭﺇﻥ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺩﻣﻬﺎ ﺣﺘﻰ ﺗﻐﺘﺴﻞ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ، ﺭﻭﻯ ﻫﺬﺍ ﻋﻦ ﺍﻟﺤﺴﻦ ، ﻭﺍﻟﻨﺨﻌﻰ ، ﻭﻣﻜﺤﻮﻝ ، ﻭﺳﻠﻴﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﻳﺴﺎﺭ ، ﻭﻋﻜﺮﻣﺔ ، ﻭﻣﺠﺎﻫﺪ ، ﻭﻫﻮ ﻗﻮﻝ ﻣﺎﻟﻚ ، ﻭﺍﻟﻠﻴﺚ ، ﻭﺍﻟﺜﻮﺭﻯ ، ﻭﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻰ ، ﻭﺃﺣﻤﺪ ، ﻭﺇﺳﺤﺎﻕ ، ﻭﺃﺑﻰ ﺛﻮﺭ .

ﻭﺍﺧﺘﻠﻒ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻓﻰ ﺍﻟﺤﺎﺋﺾ ﻫﻞ ﻳﺠﻮﺯ ﻭﻃﺆﻫﺎ ﺇﺫﺍ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺩﻣﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﺗﻐﺘﺴﻞ ﺃﻡ ﻻ ؟ ﻓﻘﺎﻝ ﻣﺎﻟﻚ ، ﻭﺍﻟﻠﻴﺚ ، ﻭﺍﻟﺜﻮﺭﻯ ، ﻭﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻰ ، ﻭﺃﺣﻤﺪ ، ﻭﺇﺳﺤﺎﻕ ، ﻭﺃﺑﻮ ﺛﻮﺭ : ﻻ ﺗﻮﻃﺄ ﺣﺘﻰ ﺗﻐﺘﺴﻞ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ، ﻭﻫﻮ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﺸﻌﺒﻰ ، ﻭﻣﺠﺎﻫﺪ ، ﻭﺍﻟﺤﺴﻦ ، ﻭﻣﻜﺤﻮﻝ ، ﻭﺳﻠﻴﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﻳﺴﺎﺭ ، ﻭﻋﻜﺮﻣﺔ . ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭﺃﺻﺤﺎﺑﻪ : ﺇﻥ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺩﻣﻬﺎ ﺑﻌﺪ ﻋﺸﺮﺓ ﺃﻳﺎﻡ ، ﺍﻟﺬﻯ ﻫﻮ ﻋﻨﺪﻩ ﺃﻛﺜﺮ ﺍﻟﺤﻴﺾ ، ﺟﺎﺯ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﻄﺄﻫﺎ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺴﻞ ، ﻭﺇﻥ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺩﻣﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻌﺸﺮﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺣﺘﻰ ﺗﻐﺘﺴﻞ ﺃﻭ ﻳﻤﺮ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭﻗﺖ ﺻﻼﺓ ، ﻷﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺗﺠﺐ ﻋﻨﺪﻩ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﻮﻗﺖ ، ﻓﺈﺫﺍ ﻣﻀﻰ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﻭﻭﺟﺒﺖ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺍﻟﺼﻼﺓ ، ﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﻗﺪ ﺯﺍﻝ ، ﻷﻥ ﺍﻟﺤﺎﺋﺾ ﻻ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺻﻼﺓ . ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻷﻭﺯﺍﻋﻰ : ﺇﻥ ﻏﺴﻠﺖ ﻓﺮﺟﻬﺎ ﺟﺎﺯ ﻟﺰﻭﺟﻬﺎ ﻭﻃﺆﻫﺎ ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﺗﻐﺴﻠﻪ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ، ﻭﺑﻪ ﻗﺎﻟﺖ ﻃﺎﺋﻔﺔ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ، ﻭﺭﻭﻯ ﻣﺜﻠﻪ ﻋﻦ ﻋﻄﺎﺀ ، ﻭﻃﺎﻭﺱ ، ﻭﻗﺘﺎﺩﺓ .

ﻭﺍﺣﻨﺞ ﺃﻫﻞ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﻘﺎﻟﺔ ﺑﻘﻮﻟﻪ : ‏( ﺣﺘﻰ ﻳﻄﻬﺮﻥ ‏) ‏[ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ : 222 ‏] ﺃﻯ ﺣﺘﻰ ﻳﻨﻘﻄﻊ ﺩﻣﻬﻦ ، ﻓﺠﻌﻞ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻏﺎﻳﺔ ﻣﻨﻊ ﻗﺮﺑﻬﺎ ﺍﻧﻘﻄﺎﻉ ﺩﻣﻬﺎ ، ﻭﺍﻟﺪﻟﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﺃﻥ ﺍﻟﺼﻮﻡ ﻗﺪ ﺣﻞ ﻟﻬﺎ ﺑﺎﻧﻘﻄﺎﻉ ﺩﻣﻬﺎ ، ﻓﻮﺟﺐ ﺃﻥ ﻳﺤﻞ ﻭﻃﺆﻫﺎ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺴﻞ ، ﻛﺎﻟﺠﻨﺐ ﻳﺠﻮﺯ ﻣﺠﺎﻣﻌﺘﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺴﻞ ، ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﻭﻻ ﻳﺨﻠﻮ ﺑﻌﺪ ﺍﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺪﻡ ﻭﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﻃﺎﻫﺮًﺍ ﺃﻭ ﺣﺎﺋﻀًﺎ ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﺣﺎﺋﻀًﺎ ﻓﺎﻟﻐﺴﻞ ﺳﺎﻗﻂ ﻋﻨﻬﺎ ، ﻭﻓﻰ ﺍﺗﻔﺎﻗﻬﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭﺍﺟﺐ ﺑﺎﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺪﻡ ﺩﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻗﺪ ﻃﻬﺮﺕ ﻣﻦ ﺣﻴﻀﺘﻬﺎ ، ﻭﺍﻟﻄﺎﻫﺮ ﺟﺎﺋﺰ ﻭﻃﺆﻫﺎ ، ﻭﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ‏( ﻓﺈﺫﺍ ﺗﻄﻬﺮﻥ ‏) ‏[ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ : 222 ‏] ﺇﺑﺎﺣﺔ ﺛﺎﻧﻴﺔ ، ﻭﺍﺑﺘﺪﺍﺀ ﻛﻼﻡ ﻏﻴﺮ ﺍﻷﻭﻝ ، ﻷﻥ ﺍﻟﻄﻬﺮ ﺷﻰﺀ ﻭﺍﻟﺘﻄﻬﻴﺮ ﻏﻴﺮﻩ ، ﻣﺜﺎﻝ ﺫﻟﻚ ، ﻟﻮ ﺃﻥ ﺭﺟﻼ ﺻﺎﺋﻤًﺎ ﻗﺎﻝ ﻟﺮﺟﻞ : ﻻ ﺗﻜﻠﻤﻨﻰ ﺣﺘﻰ ﺃﻓﻄﺮ ، ﻓﺈﺫﺍ ﺻﻠﻴﺖ ﺍﻟﻤﻐﺮﺏ ﻛﻠﻤﻨﻰ ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻭﻗﻊ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﺞ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺨﺎﻃﺒﺔ ﻓﻰ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﺼﻮﻡ ، ﻷﻥ ﻏﺎﻳﺔ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﺞ ﻛﺎﻧﺖ ﺇﻟﻰ ﺍﻹﻓﻄﺎﺭ ، ﺛﻢ ﺇﺑﺎﺣﺔ ﺃﻥ ﻳﻜﻠﻤﻪ ﺑﻌﺪ ﻭﺟﻮﺏ ﺍﻹﻓﻄﺎﺭ ﻭﺑﻌﺪ ﺃﻥ ﻳﺼﻠﻰ ﺍﻟﻤﻐﺮﺑﻦ ﻛﻤﺎ ﺃﺑﻴﺢ ﻭﻁﺀ ﺍﻟﺤﺎﺋﺾ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻄﻬﺮ ، ﻭﺑﻌﺪ ﺍﻟﺘﻄﻬﻴﺮ ﺗﺄﻛﻴﺪًﺍ ﻟﻠﺘﺤﻠﻴﻞ ، ﻏﻴﺮ ﺃﻥ ﻗﻮﻟﻪ : ‏( ﻳﺤﺐ ﺍﻟﺘﻮﺍﺑﻴﻦ ﻭﻳﺤﺐ ﺍﻟﻤﺘﻄﻬﺮﻳﻦ ‏) ‏[ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ : 222 ‏] ﺩﻻﻟﺔ ﺃﻥ ﺍﻟﺬﻯ ﻳﺄﺗﻰ ﺯﻭﺟﺘﻪ ﺑﻌﺪ ﺃﻥ ﺗﻨﺘﻈﻒ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ﺃﺣﻤﺪ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ، ﻛﻤﻦ ﺗﻮﺿﺄ ﺛﻼﺛًﺎ ﺛﻼﺛًﺎ ﻛﺎﻥ ﺃﺣﻤﺪ ﻣﻤﻦ ﺗﻮﺿﺄ ﻣﺮﺓ ﻣﺮﺓ .

diperkuat dalam kitab Al-Jammi’Li Ahkaam al-Quraan :

. ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ ﻷﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ - ‏( ﺝ 3 / ﺹ 90 ‏) ﻭﺍﻟﺤﺎﺋﺾ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻭﻃﺆﻫﺎ ﺍﺗﻔﺎﻗﺎ . ﻭﺃﻳﻀﺎ ﻓﺈﻥ ﻣﺎ ﻗﺎﻟﻮﻩ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺇﺑﺎﺣﺔ ﺍﻟﻮﻁﺀ ﻋﻨﺪ ﺍﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺪﻡ ﻟﻸﻛﺜﺮ ﻭﻣﺎ ﻗﻠﻨﺎﻩ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺍﻟﺤﻈﺮ

namun terusan Ibarah di atas dalam kitab Al-Jammi’Li Ahkaam al-Quraan, al-Qurthuby juga memilih hukum haram : “Bila terjadi pertentangan dalam satu masalah antara hukum haram dan halal ‘Dimenangkan hukum haram’

ﻭﺇﺫﺍ ﺗﻌﺎﺭﺽ ﻣﺎ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺍﻟﺤﻈﺮ ﻭﻣﺎ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺍﻹﺑﺎﺣﺔ ﻭﻳﻐﻠﺐ ﺑﺎﻋﺜﺎﻫﻤﺎ ﻏﻠﺐ ﺑﺎﻋﺚ ﺍﻟﺤﻈﺮ ، ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﻋﻠﻲ ﻭﻋﺜﻤﺎﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻤﻊ ﺑﻴﻦ ﺍﻷﺧﺘﻴﻦ ﺑﻤﻠﻚ ﺍﻟﻴﻤﻴﻦ ، ﺃﺣﻠﺘﻬﻤﺎ ﺁﻳﺔ ﻭﺣﺮﻣﺘﻬﻤﺎ ﺃﺧﺮﻯ ، ﻭﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ ﺃﻭﻟﻰ . ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ .

Bila terjadi perselisihan antara hukum melarang dan hukum membolehkan dan pendorong keduanya ghalib maka dimenangkan pendorong hukum pelarangan seperti yang dikatakan Sayyidina Ali dan Utsman ra saat memeutuskan masalah mengumpulkan dua saudara wanita dengan penguasaan tangan kanan (keduanya menjadi sahaya), satu ayat menghalalkannya diayat lain melarangnya maka mengambil keputusan haram lebih baik. [ Al-Jammi’Li Ahkaam al-Quraan III/90 ].

Dalam pernyataan lainnya :

ﻭﻧﺤﻦ ﻧﺤﻤﻞ ﻛﻞ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﻨﻰ ، ﻓﻨﺤﻤﻞ ﺍﻟﻤﺨﻔﻔﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺩﻣﻬﺎ ﻟﻸﻗﻞ ، ﻓﺈﻧﺎ ﻻ ﻧﺠﻮﺯ ﻭﻃﺄﻫﺎ ﺣﺘﻰ ﺗﻐﺘﺴﻞ ، ﻷﻧﻪ ﻻ ﻳﺆﻣﻦ ﻋﻮﺩﻩ

Dan kami membawa masing-masing dari kedua lafadz YATHHURNA dan TATHOHHARNA pada maknanya masing-masing...Sesungguhnya kami tidak membolehkan menggaulinya hingga ia mandi terlebih dahulu Karena kami tidak merasa aman akan kembalinya darah haid

Dalam Tafsiir al-Baghowy dijelaskan :

ﻭﺃﻛﺜﺮ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ ﻣﺎ ﻟﻢ ﺗﻐﺘﺴﻞ ﺃﻭ ﺗﺘﻴﻤﻢ ﻋﻨﺪ ﻋﺪﻡ ﺍﻟﻤﺎﺀ، ﻷﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻠﻖ ﺟﻮﺍﺯ ﻭﻃﺌﻬﺎ ﺑﺸﺮﻃﻴﻦ : /36 ﺃ ﺑﺎﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺪﻡ ﻭﺍﻟﻐﺴﻞ، ﻓﻘﺎﻝ } ﺣﺘﻰ ﻳﻄﻬﺮﻥ { ﻳﻌﻨﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﻴﺾ } ﻓﺈﺫﺍ ﺗﻄﻬﺮﻥ { ﻳﻌﻨﻲ ﺍﻏﺘﺴﻠﻦ } ﻓﺄﺗﻮﻫﻦ { ﻭﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﻳﻄﻬﺮﻥ ﺑﺎﻟﺘﺸﺪﻳﺪ ﻓﺎﻟﻤﺮﺍﺩ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ : ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻛﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ " ﻭﺇﻥ ﻛﻨﺘﻢ ﺟﻨﺒﺎ ﻓﺎﻃﻬﺮﻭﺍ )" -6 ﺍﻟﻤﺎﺋﺪﺓ ‏) ﺃﻱ ﻓﺎﻏﺘﺴﻠﻮﺍ ﻓﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻻ ﻳﺤﻞ ﺍﻟﻮﻁﺀ .

Mayoritas dan kebanyakan Ahl Ilmu menghukumi haram menggauli istri saat terputus darah haidnya sebelum ia menunaikan mandi atau tayammum saat tidak terdapatnya air, karena Allah ta’ala menggantungkan kelegalan menggauli istri yang haid dengan dua syarat “Berhenti darahnya dan mandi” Allah menyatakannya dengan “Hingga mereka suci” artinya putus dari haid dan “apabila mereka telah bersuci” artinya bersuci adalah mandi maka bila telah terpenuhi dua syarat tersebut datangilah mereka.Bagi orang yang membaca ayat ‘HATTAA YATHHURN’ dengan mentasydid nunnya ‘HATTAA YATHHURONNA’ arti suci adalah mandi sebagaimana firman Allah lainnya ‘Bila kalian janabat maka bersucilah’, dengan demikian sebelum dilaksanakannya mandi tidak dihalalkan menggaulinya. [ Tafsiir al-Baghowy I/259 ].

Sedang kalangan ulama Fiqh dalam memutuskan masalah ini seperti uraian dalam komen saya pertama “Malikiyyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah berpendapat haram” sedang Abu Hanafi dari Hanafiyyah berpendapat “Bila darah telah terputus pada masa lebih banyak ketimbang masa haidnya boleh menggaulinya namun bila kurang masanya dari masa haidnya maka tidak boleh hingga ia menjalani mandi”

Berikut petikan dari beberapa redaksi lintas madzhab dalam masalah ini :

ﻣﺴﺄﻟﺔ : ﻗﺎﻝ : ﻓﺎﻥ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺩﻣﻬﺎ ﻓﻼ ﺗﻮﻃﺄ ﺣﺘﻰ ﺗﻐﺘﺴﻞ ﻭﺟﻤﻠﺘﻪ ﺃﻥ ﻭﻁﺀ ﺍﻟﺤﺎﺋﺾ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﺣﺮﺍﻡ ﻭﺍﻥ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺩﻣﻬﺎ ﻓﻲ ﻗﻮﻝ ﺃﻛﺜﺮ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﻨﺬﺭ : ﻫﺬﺍ ﻛﺎﻹﺟﻤﺎﻉ ﻣﻨﻬﻢ ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺍﻟﻤﺮﻭﺫﻱ : ﻻ ﺃﻋﻠﻢ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺧﻼﻓﺎ ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ : ﺃﻥ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺍﻟﺪﻡ ﻷﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﺣﻞ ﻭﻃﺆﻫﺎ ﻭﺍﻥ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﻟﺪﻭﻥ ﺫﻟﻚ ﻟﻢ ﻳﺒﺢ ﺣﺘﻰ ﺗﻐﺘﺴﻞ ﺃﻭ ﺗﺘﻴﻤﻢ ﺃﻭ ﻳﻤﻀﻲ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭﻗﺖ ﺻﻼﺓ ﻷﻥ ﻭﺟﻮﺏ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻻ ﻳﻤﻨﻊ ﻣﻦ ﺍﻟﻮﻁﺀ ﺑﺎﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ﻭﻟﻨﺎ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ } : ﻭﻻ ﺗﻘﺮﺑﻮﻫﻦ ﺣﺘﻰ ﻳﻄﻬﺮﻥ ﻓﺈﺫﺍ ﺗﻄﻬﺮﻥ ﻓﺎﺗﻮﻫﻦ ﻣﻦ ﺣﻴﺚ ﺃﻣﺮﻛﻢ ﺍﻟﻠﻪ { ﻳﻌﻨﻲ ﺇﺫﺍ ﺍﻏﺘﺴﻞ ﻫﻜﺬﺍ ﻓﺴﺮﻩ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﻭﻷﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻵﻳﺔ : } ﻭﻳﺤﺐ ﺍﻟﻤﺘﻄﻬﺮﻳﻦ { ﻓﺄﺛﻨﻰ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻓﻴﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻓﻌﻞ ﻣﻨﻬﻢ ﺃﺛﻨﻰ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺑﻪ ﻭﻓﻌﻠﻬﻢ ﻫﻮ ﺍﻻﻏﺘﺴﺎﻝ ﺩﻭﻥ ﺍﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺪﻡ ﻓﺸﺮﻁ ﻷﺑﺎﺣﺔ ﺍﻟﻮﻁﺀ ﺷﺮﻃﻴﻦ ﺍﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺪﻡ ﻭﺍﻻﻏﺘﺴﺎﻝ ﻓﻼ ﻳﺒﺎﺡ ﺇﻻ ﺑﻬﻤﺎ

[ MASALAH ] “Saat darah haidnya telah berhenti maka haram menggaulinya hingga ia menjalani mandi” Sesungguhnya menggauli istri yang haid sebelum ia mandi adalah haram meskipun darahnya telah berhenti, ini pendapat mayoritas Ahl Ilmu.Ibn al-Mundzir berkata “Masalah ini seperti terjadi kesepakan dari kalangan ulama”Ahmad Bin Muhammad al-marwadzi berkata “Aku tidak melihat dalam masalah ini terjadi perbedaan pendapat”

Sedang Abu Hanifah (Hanafiyyah) berkata “Bila darah telah terputus pada masa lebih banyak ketimbang masa haidnya boleh menggaulinya namun bila kurang masanya dari masa haidnya maka tidak boleh hingga ia menjalani mandi atau tayammum atau telah berlalu waktu shalat karena waktu kewajiban mandi tidak terhalang dari persetubuhan sebab janabat.
Allah berfirman :“Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci.

Apabila mereka telah bersuci, maka campurilah mereka di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu” (QS. 2:222). Artinya bersuci adalah saat mereka telah mandi, demikian penafsiran Ibn Abbas ra.

Dan karena Allah berfiraman :“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS. 2:222).

Lihatlah dalam ayat ini Allah memuji mereka, pujian Allah berarti atas perbuatan yang telah mereka kerjakan yakni mandi bukan atas perbuatan yang mereka tidak kerjakan yakni terputusnya darah haid (karena yang demikian bersifat alami).

Dengan demikian diperbolehkannya menggauli istri yang haid bila telah terpenuhi dua syarat “Berhenti haidnya dan telah mandi” dan tidak diperbolehkan tanpa keduanya. [ Al-Mugni I/387 ].

Hukumnya haram. bila itu tetap saja dilakukan karena ngebet banget, si suami itu harus bersedekah setengah dinar emas (1 dinar = 3,879 gram). Lihat kitab Majmu' Juz 2 Halaman 375 :

... ﻓَﻌَﻠﻰ ﻗَﻮﻝ ﺍﻟﺠُﻤْﻬُﻮﺭِ : ﻟَﻮ ﻭَﻃِﺊَ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻹِﻧْﻘِﻄَﺎﻉِ ﻭَﻗَﺒْﻞَ ﺍﻹِﻏْﺘِﺴَﺎﻝِ ﻟَﺰِﻣَﻪُ ﻧِﺼﻒُ ﺩِﻧَﺎﺭٍ

Maka menurut mayoritas ulama; kalau seseorang mengumpuli isteri setelah usainya masa haid tetapi belum mandi maka dia wajib sedekah setengah dinar. Wallahu A'lamu Bish-showaab.

No comments:

Post a Comment