Sunday, January 15, 2017

Hukum menggunakan air musyammas (air yang panas karena sinar matahari)


Terdapat dua pendapat berbeda dalam masalah penggunaan air musyammas. Berikut ini kami uraikan perbedaan pendapat tersebut, beserta dalil-dalil yang mendasarinya ;

Pendapat pertama, menyatakan bahwa penggunaan, air musyammas, yaitu air yang panas karena terkena sinar matahari hukumnya itu hukumnya makruh (makruh tanzih). Pendapat ini diikuti diikuti oleh mayoritas ulama' madzhab syafi'i.

Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Sayyidah A'isyah r odhiyallohu 'anha ;

ﺩَﺧَﻞَ ﻋَﻠَﻲَّ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﻗَﺪْ ﺳَﺨَّﻨْﺖُ ﻣَﺎﺀً ﻓِﻲ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲِ , ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﻟَﺎ ﺗَﻔْﻌَﻠِﻲ ﻳَﺎ ﺣُﻤَﻴْﺮَﺍ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳُﻮﺭِﺙُ ﺍﻟْﺒَﺮَﺹَ

"Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam masuk saat aku sedang memanaskan air dengan sinar matahari, kemudian beliau berkata : "Jangan lakukan itu wahai humairo' (panggilan 'aisyah), karena hal itu bisa menyebabkan penyakit barosh (kusta/lepra)". (Sunan Ad-Daruquthni, no.86)

Imam Syafi'i juga meriwayatkan bahwa Ibnu Umar tidak menyukai mandi dengan menggunakan air musyammas. Imam Baihaqi juga meriwayatkan :

ﻗَﺎﻝَ ﻋُﻤَﺮُ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ : ﻟَﺎ ﺗَﻐْﺘَﺴِﻠُﻮﺍ ﺑِﺎﻟْﻤَﺎﺀِ ﺍﻟْﻤُﺸَﻤَّﺲِ، ﻓَﺈِﻧْﻪُ ﻳُﻮﺭِﺙُ ﺍﻟْﺒَﺮَﺹَ

"Umar rodhiyallohu 'anhu mengatakan : "Janganlah kalian mandi dengan air musyammas, karena dapat menyebabkan penyakit barosh" (Sunan Kubro, no.13)

Jadi, illat (alasan) dari kemakruhannya adalah karena penggunaan air musyammas dapat menyebabkan penyakit kulit, yaitu lepra. Dan dalam kemakruhan ini tidak memandang apakah disengaja memanaskannya atau tidak, sebab dalam kedua keadaan tersebut illat hukumnya tetap ada.

Namun, para ulama' menetapkan beberapa syarat dimakruhkannya menggunakan air musyammas, jika salah satu dari syarat-syarat ini tidak terpenuhi maka hukumnya tidak makruh lagi.

Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut :

1. Air tersebut ditempatkan pada wadah yang terbuat dari logam, seperti besi, tembaga, atau timah, kecuali wadah yang terbuat dari emas dan perak. Alasannya ketika air yang ditempatkan pada wadah yang terbuat dari wadah-wadah yang terbuat dari logam, panas matahari akan menyebabkan partikel-partikel dari logam tersebut akan menguap dan membahayakan kulit.

Sedangkan pengecualian emas dan perak dikarenakan kemurnian bahan dasar keduanya.Maka jika airnya diletakkan pada wadah yang tidak terbuat dari logam tidak makruh, karena illat hukumnya tidak terjadi.

Begitu juga tidak dimakruhkan air laut atau air sungai yang panas karena terkena sinar matahari sebab tidak mungkin untuk menghindarkannya dari sinar matahari, dan juga tidak ditempatkan pada wadah, jadi sinar matahari tidak mempengaruhinya sebagaimana pengaruh dalam air yang ditempatkan dalam wadah yang terbuat dari logam.

2. Panasnya air tersebut dikawasan atau negara yang panas, seperti Hijaz dan Hadhromaut, Yaman. Karena itu apabila panasnya air tersebut terjadi dikawasan yang tidak panas, seperti Syam dan Mesir, maka tidak dimakruhkan penggunaannya, sebab pengaruh panas matahari pada air dikawasan tersebut lemah, jadi apa yang dikhawatirkan dalam penggunaannya, yaitu terkena penyakit barosh, tidak bisa terjadi.

Namun Imam Mawardi tidak sependapat mengenai syarat ini, menurut beliau selama illatnya ada, maka tak ada bedanya air tersebut panas didaerah mana saja.

3. Penggunaannya dilakukan saat air tersebut masih panas, maka apabila sudah tidak panas lagi, sudah tidak dimakruhkan lagi, sebab illatnya sudah tidak ada.

4. Penggunaan air tersebut pada kulit, bukan untuk pakaian, sebab illat hukumnya (penyakit baros) hanya terjadi pada kulit.

5. Orang yang menggunakannya tidak mengkhawatirkan terjadi sesuatu yang membahayakan pada kulitnya, apabila penggunaannya jelas-jelas membahayakan bagi dirinya, maka hukum penggunaan air musyammas adalah harom.

6. Orang yang menggunakannya adalah orang yang masih hidup, karena itu apabila digunakan untuk orang yang sudah meninggal, maka tidak makruh, menurut Imam Ibnu Hajar. Sedangkan menurut Imam Romli, meskipun digunakan untuk orang yang sudah meninggal dunia, sama saja, tetap makruh, jadi menurut Imam Romli penggunaan air musyammas itu makruh, baik digunakan oleh orang yang masih hidup atau sudah meninggal dunia.

7. Masih ada air lain yang bisa digunakan, karena itu apabila memang sudah tidak ada air yang lain yang bisa digunakan selain air musyammas tersebut, maka penggunaannya tidak makruh.

Satu hal yang perlu diketahui adalah, meskipun penggunaan air musyammas itu makruh, namun apabila digunakan untuk bersuci tetap bisa, sebab air musyammas itu termasuk kategori air thohir muthohir (suci dan menyucikan).

Pendapat kedua, menyatakan bahwa penggunaan air musyammas itu tidak makruh.

Pendapat ini didukung oleh Imam Nawawi. Untuk memperkuat alasannya, Imam Nawawi dalam kitab Al Majmu' menjelaskan kelemahan dasar-dasar hukum yang dipakai oleh pendapat yang menyatakan kemakruhan penggunaan air musyammas sebagai berikut :

1. Hadits yang diriwayatkan dari sayyidah Aisyah rodhiyallohu 'anha yang dipakai sebagai dasar hukum kemakruhan penggunaan air musyammas adalah hadits dho'if (lemah) menurut kesepakatan semua ulama' ahli hadits, bahkan sebagian ahli hadits menyatakan bahwa hadits tersebut adalah hadits maudhu' (palsu).

2. Riwayat kedua dari Sayyidina Umar rodhiyallohu 'anhu itu juga merupakan hadits dho'if, karena diriwayatkan oleh Ibrohim bin Muhammad bin Abi yahya yang dinyatakan sebagai perowi yang dho'if menurut kesepakatan ulama'ahli hadit, kecuali menurut Imam Syafi'i rohimahulloh, menurut beliau Ibrohim bin Muhammad bi Abi Yahya itu termasuk perowi yang tsiqqoh, sehingga riwayatnya bisa diterima.

3. Illat hukum yang mendasari kemakruhan penggunaan air musyammas, yaitu dikahwatirkan akan terjadinya penyakit barosh itu tidak terbukti, karena setelah diadakan riset oleh beberapa ahli masalah kesehatan, mereka tidak menemukan adanya keterkaitan antara penggunaan air musyammas dan penyakit barosh.

Kesimpulannya, menurut mayoritas ulama' madzhab Syafi'i menggunakan air musyammas hukumnya makruh sedangkan menurut Imam Nawawi hukumnya tidak makruh, namun karena apabila penggunaannya dilakukan saat tidak ada pilihan lain, maka semua ulama' sepakat memperbolehkannya.
Wallohu a'lam.

Referensi :

1. Al-Umm, Juz : 1 Hal : 16
2. Al-Hawi Al-Kabir, Juz : 1 hal : 42-43
3. Nihayatul Mathlab, Juz : 1 Hal : 17
4. Nihayatul Muhtaj, juz : 1 Hal : 69-70
5. At-Taqrirot Asy-syadidah, Hal : 58-59
6. Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, Juz : 1 Hal : 87
7. Fathul Qorib, Hal : 25-26

Al-Umm, Juz : 1 Hal : 16

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ‏) : ﻭﻻ ﺃﻛﺮﻩ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ ﺇﻻ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻄﺐ ‏( ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ‏) ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﻋﻦ ﺻﺪﻗﺔ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺍﻟﺰﺑﻴﺮ ﻋﻦ ﺟﺎﺑﺮ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﻋﻤﺮ ﻛﺎﻥ ﻳﻜﺮﻩ ﺍﻻﻏﺘﺴﺎﻝ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ ﻭﻗﺎﻝ : ﺇﻧﻪ ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ

Al-Hawi Al-Kabir, Juz : 1 hal : 42-43

ﻣﺴﺄﻟﺔ : ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ : ﻭﻻ ﺃﻛﺮﻩ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ ﺇﻻ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻄﺐ ﻟﻜﺮﺍﻫﻴﺔ ﻋﻤﺮ ﺫﻟﻚ ﻭﻗﻮﻟﻪ : " ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺎﻭﺭﺩﻱ : ﻓﻬﺬﺍ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ ﻣﻜﺮﻭﻩ ﻟﺮﻭﺍﻳﺔ ﺃﺑﻲ ﺍﻟﺰﺑﻴﺮ ﻋﻦ ﺟﺎﺑﺮ ﺃﻥ ﻋﺎﺋﺸﺔ - ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ - ﺷﻤﺴﺖ ﻣﺎﺀ ﻟﺮﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ، ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :- " ﻻ ﺗﻔﻌﻠﻲ ﻳﺎ ﺣﻤﻴﺮﺍ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ " ﻭﺭﻭﻱ ﻋﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺃﻧﻪ ﻛﺮﻩ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ، ﻭﻗﺎﻝ : ﺇﻧﻪ ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ، ﻓﺈﺫﺍ ﺛﺒﺖ ﺍﻟﺨﺒﺮ ﻭﺍﻷﺛﺮ ﻛﺮﺍﻫﻴﺔ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ، ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ ﻣﺨﺘﺼﺔ ﺑﻤﺎ ﺃﺛﺮﺕ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻣﻦ ﻣﻴﺎﻩ ﺍﻷﻭﺍﻧﻲ، ﻭﺃﻣﺎ ﻣﻴﺎﻩ ﺍﻟﺒﺤﺎﺭ ﻭﺍﻷﻧﻬﺎﺭ ﻭﺍﻵﺑﺎﺭ ﻻ ﻳﻜﺮﻩ ﻷﻣﺮﻳﻦ : ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ : ﺃﻥ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻻ ﺗﺆﺛﺮ ﻓﻴﻬﺎ ﻛﺘﺄﺛﻴﺮﻫﺎ ﻓﻲ ﺍﻷﻭﺍﻧﻲ . ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﺍﻟﺘﺤﺮﺯ ﻣﻨﻬﺎ ﻏﻴﺮ ﻣﻤﻜﻦ ﻭﻣﻦ ﺍﻷﻭﺍﻧﻲ ﻣﻤﻜﻦ ﻭﺗﺄﺛﻴﺮ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻓﻲ ﻣﻴﺎﻩ ﺍﻷﻭﺍﻧﻲ ﻗﺪ ﻳﻜﻮﻥ ﺗﺎﺭﺓ ﺑﺎﻟﺤﻤﺎ، ﻭﺗﺎﺭﺓ ﺑﺰﻭﺍﻝ ﺑﺮﺩﻩ، ﻭﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺎﻟﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﺳﻮﺍﺀ، ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﺗﺆﺛﺮ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻓﻴﻪ ﻟﻢ ﻳﻜﺮﻩ ﻓﺴﻮﺍﺀ ﻣﺎ ﻗﺼﺪ ﺑﻪ ﺍﻟﺸﻤﺲ، ﻭﻣﺎ ﻃﻠﻌﺖ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻗﺼﺪ، ﻭﺫﻫﺐ ﺑﻌﺾ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﻜﺮﻭﻩ ﻣﻨﻪ ﻣﺎ ﻗﺼﺪ ﺑﻪ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﺩﻭﻥ ﻣﺎ ﻃﻠﻌﺖ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻗﺼﺪ، ﻷﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻗﺎﻝ ﻟﻌﺎﺋﺸﺔ : " ﻻ ﺗﻔﻌﻠﻲ " ﻓﻜﺎﻥ ﺍﻟﻨﻬﻲ ﻣﺘﻮﺟﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻔﻌﻞ ﻭﻫﺬﺍ ﻏﻴﺮ ﺻﺤﻴﺢ، ﻷﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻗﺪ ﻧﺺ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﻨﻰ ﺍﻟﻨﻬﻲ ﻭﺃﻧﻪ ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﻻ ﻳﺨﺘﺺ ﺑﺎﻟﻘﺼﺪ ﺩﻭﻥ ﻏﻴﺮﻩ، ﻭﻛﺬﺍ ﺃﻳﻀﺎ ﻻ ﻓﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﻣﺎ ﺣﻤﻲ ﺑﺎﻟﺸﻤﺲ ﻓﻲ ﺑﻼﺩ ﺗﻬﺎﻣﺔ ﻭﺍﻟﺤﺠﺎﺯ، ﻭﺑﻴﻦ ﻣﺎ ﺣﻤﻲ ﺑﻬﺎ ﻓﻲ ﺳﺎﺋﺮ ﺍﻟﺒﻼﺩ، ﻭﻛﺎﻥ ﺑﻌﺾ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻳﺠﻌﻞ ﺍﻟﻨﻬﻲ ﻣﺨﺼﻮﺻﺎ ﺑﻤﺎ ﺣﻤﻲ ﺑﺘﻬﺎﻣﺔ ﻭﺍﻟﺤﺠﺎﺯ ﻷﻧﻪ ﻫﻨﺎﻙ ﺗﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ ﺩﻭﻥ ﻣﺎ ﺣﻤﻲ ﺑﺎﻟﻌﺮﺍﻕ ﻭﺳﺎﺋﺮ ﺍﻟﺒﻼﺩ، ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﺘﺨﺼﻴﺺ ﺇﻧﻤﺎ ﻫﻮ ﺇﻃﻼﻕ ﻗﻮﻝ ﺑﻐﻴﺮ ﺩﻟﻴﻞ ﻣﻊ ﻋﻤﻮﻡ ﺍﻟﻨﻬﻲ ﺍﻟﺸﺎﻣﻞ ﻟﺠﻤﻴﻊ ﺍﻟﺒﻼﺩ، ﻓﺄﻣﺎ ﻣﺎ ﺣﻤﻲ ﺑﺎﻟﺸﻤﺲ ﺛﻢ ﺑﺮﺩ ﻓﻘﺪ ﺍﺧﺘﻠﻒ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻓﻲ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻬﻴﻦ : ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ : ﺃﻧﻪ ﻋﻠﻰ ﺣﺎﻝ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ ﻟﺜﺒﻮﺕ ﺍﻟﺤﻜﻢ ﻟﻪ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺒﺮﺩ . ﻭﺍﻟﻮﺟﻪ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﺃﻧﻪ ﻏﻴﺮ ﻣﻜﺮﻭﻩ، ﻷﻥ ﻣﻌﻨﻰ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ ﻛﺎﻥ ﻷﺟﻞ ﺍﻟﺤﻤﻲ، ﻓﺈﺫﺍ ﺯﺍﻝ ﺍﻟﺤﻤﻲ ﺯﺍﻝ ﻣﻌﻨﻰ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ، ﻭﻛﺎﻥ ﺑﻌﺾ ﻣﺘﺄﺧﺮﻱ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻳﻘﻮﻝ : ﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﺮﺟﻊ ﻓﻴﻪ ﺇﻟﻰ ﻋﺪﻭﻝ ﺍﻟﻄﺐ ﻓﺈﻥ ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﺇﻧﻪ ﺑﻌﺪ ﺑﺮﺩﻩ ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ ﻛﺎﻥ ﻣﻜﺮﻭﻫﺎ، ﻭﺇﻥ ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﺇﻧﻪ ﻻ ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻣﻜﺮﻭﻫﺎ، ﻭﻫﺬﺍ ﻻ ﻭﺟﻪ ﻟﻪ، ﻷﻥ ﺍﻷﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﺸﺮﻋﻴﺔ ﻻ ﺗﺜﺒﺖ ﺑﻐﻴﺮ ﺃﻫﻞ ﺍﻻﺟﺘﻬﺎﺩ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﺮﻳﻌﺔ، ﻷﻥ ﻣﻦ ﺍﻟﻄﺐ ﻣﻦ ﻳﻨﻜﺮ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ ﻭﻻ ﻳﺮﺟﻊ ﺇﻟﻰ ﻗﻮﻟﻪ ﻓﻴﻪ

Nihayatul Mathlab, Juz : 1 Hal : 17

ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻷﺋﻤﺔ : ﺇﻧﻤﺎ ﺛﺒﺘﺖ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﻴﺔ ﺑﺸﻴﺌﻴﻦ ﻳﺠﺘﻤﻌﺎﻥ، ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ - ﺃﻥ ﻳﺠﺮﻯ ‏[ ﺍﻟﺘﺸﻤﻴﺲ ‏] ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻼﺩ ﺍﻟﺤﺎﺭﺓ، ﺩﻭﻥ ﺍﻟﻤﻌﺘﺪﻟﺔ ﻭﺍﻟﺒﺎﺭﺩﺓ . ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ - ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﺘﺸﻤﻴﺲ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻮﺍﻫﺮ ﺍﻟﺘﻲ ﺫﻛﺮﻧﺎﻫﺎ، ﻓﺈﻥ ﺣﻤﻲ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﺇﺫﺍ ﺍﺷﺘﺪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻓﻴﻬﺎ، ﻓﻘﺪ ﻳﻌﻠﻮﻫﺎ ﺷﻰﺀ ﻛﺎﻟﻬﺒﺎﺀ، ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻀﺎﺭ ﻓﻴﻤﺎ ﻗﻴﻞ . ﻓﺄﻣﺎ ﺍﻟﺘﺸﻤﻴﺲ ﻓﻲ ﺍﻟﺨﺰﻑ ﻭﺍﻟﻐﺪﺭﺍﻥ ، ﻓﻼ ﻳﻀﺮ ﺃﺻﻼ . ﻭﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﺮﻋﻲ ﺃﻣﺮﺍ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﺎﻟﻄﺐ، ﻓﻼ ﻓﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺃﻥ ﻳﺸﻤﺲ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻗﺼﺪﺍ، ﻭﺑﻴﻦ ﺃﻥ ﺗﻨﺘﻬﻲ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﺇﻟﻰ ﺇﻧﺎﺀ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻗﺼﺪ ﻭﺧﺼﺺ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ ﺍﻟﻨﺤﺎﺱ ﺑﺎﻻﻋﺘﺒﺎﺭ ﻣﻦ ﺳﺎﺋﺮ ﺍﻷﺟﻨﺎﺱ . ﻭﺃﻧﺎ ﺃﻗﻮﻝ : ﻳﺒﻌﺪ ﺃﻥ ﻳﻨﻔﺼﻞ ﻣﻦ ﺇﻧﺎﺀ ﺍﻟﺬﻫﺐ ﻭﺍﻟﻔﻀﺔ، ﻣﻊ ﻃﻬﺎﺭﺗﻬﻤﺎ ﺷﻲﺀ ﻣﺤﺬﻭﺭ، ﻭﻛﺎﻥ ﺷﻴﺨﻲ ﻳﻄﺮﺩ ﻗﻮﻟﻪ ﻓﻴﻤﺎ ﻳﻨﻄﺒﻊ ﻭﻳﻨﻄﺮﻕ .

ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻌﺮﺍﻗﻴﻮﻥ : ﺗﺨﺘﺺ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ ﺑﻤﺎ ﻗﺼﺪ ﺗﺸﻤﻴﺴﻪ ﺩﻭﻥ ﻣﺎ ﻳﺘﻔﻖ، ﻭﻟﻢ ﻳﺘﻌﺮﺿﻮﺍ ﻟﺘﻔﺼﻴﻞ ﺍﻟﺠﻮﺍﻫﺮ، ﻭﻫﺬﺍ ﻏﻠﻂ .
ﻭﺃﻧﺎ ﺃﻗﻮﻝ : ﻟﻴﺴﺖ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﻴﺔ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻔﺼﻞ ﻣﺆﺛﺮﺓ ﻓﻲ ﺗﻨﻘﻴﺺ ﻣﺮﺗﺒﺔ ﺍﻟﻄﻬﺎﺭﺓ؛ ﻓﺈﻥ ﺳﺒﺐ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﻴﺔ ﺣﺬﺍﺭ ﺍﻟﻮﺿﺢ ، ﻭﻫﺬﺍ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﺎﻻﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺟﻮﻩ ﻛﻠﻬﺎ

Nihayatul Muhtaj, juz : 1 Hal : 69-70

ﻭﻳﻜﺮﻩ ‏) ﺗﻨﺰﻳﻬﺎ ‏( ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ ‏) ﺃﻱ ﻣﺎ ﺳﺨﻨﺘﻪ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻟﻪ ﺍﻟﺸﺎﺭﺡ ﺭﺩﺍ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻗﺎﻝ : ﺇﻥ ﺣﻘﻪ ﺃﻥ ﻳﻌﺒﺮ ﺑﻤﺘﺸﻤﺲ، ﻭﺳﻮﺍﺀ ﺃﻛﺎﻥ ﻗﻠﻴﻼ ﺃﻡ ﻛﺜﻴﺮﺍ ﻭﻟﻮ ﻣﺎﺋﻌﺎ ﺩﻫﻨﺎ ﻛﺎﻥ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻩ ﻻﻃﺮﺍﺩ ﺍﻟﻌﻠﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻤﻴﻊ، ﺑﻞ ﺍﻟﺪﻫﻦ ﺃﻭﻟﻰ ﻟﺸﺪﺓ ﺳﺮﻳﺎﻧﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺪﻥ ﺳﻮﺍﺀ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ ﺑﻨﻔﺴﻪ ﺃﻡ ﻻ، ﻟﻜﻦ ﺑﺸﺮﻁ ﺃﻥ ﻳﺴﺘﻌﻤﻠﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺪﻥ ﻓﻲ ﻃﻬﺎﺭﺓ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻛﺄﻛﻞ ﻭﺷﺮﺏ، ﺳﻮﺍﺀ ﺃﻛﺎﻥ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﻟﺤﻲ ﺃﻡ ﻣﻴﺖ، ﻭﺇﻥ ﺃﻣﻦ ﻣﻨﻪ ﻋﻠﻰ ﻏﺎﺳﻠﻪ ﺃﻭ ﻣﻦ ﺇﺭﺧﺎﺀ ﺑﺪﻧﻪ ﺃﻭ ﻣﻦ ﺇﺳﺮﺍﻉ ﻓﺴﺎﺩﻩ، ﺇﺫ ﻓﻲ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﺫﻟﻚ ﻓﻴﻪ ﺇﻫﺎﻧﺔ ﻟﻪ ﻭﻫﻮ ﻣﺤﺘﺮﻡ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ، ﻭﻻ ﻓﺮﻕ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺑﻴﻦ ﺍﻷﺑﺮﺹ ﻭﻏﻴﺮﻩ، ﻭﻣﻦ ﻋﻤﻪ ﺍﻟﺒﺮﺹ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻟﺨﻮﻑ ﺯﻳﺎﺩﺗﻪ ﺃﻭ ﺷﺪﺓ ﺗﻤﻜﻨﻪ ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻱ ‏« ﺃﻥ ﻋﺎﺋﺸﺔ - ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ - ﺳﺨﻨﺖ ﻣﺎﺀ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻟﻠﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻓﻘﺎﻝ : ﻻ ﺗﻔﻌﻠﻲ ﻳﺎ ﺣﻤﻴﺮﺍﺀ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ ‏» . ﻭﻫﺬﺍ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺿﻌﻴﻔﺎ ﻟﻜﻨﻪ ﻳﺘﺄﻳﺪ ﺑﻤﺎ ﺭﻭﻱ ﻋﻦ ﻋﻤﺮ - ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ - ﺃﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻳﻜﺮﻩ ﺍﻻﻏﺘﺴﺎﻝ ﺑﻪ ﻭﻗﺎﻝ : ﺇﻧﻪ ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ ﻛﻤﺎ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ، ﻭﺩﻋﻮﻯ ﻣﻦ ﻗﺎﻝ : ﺇﻧﻪ ﻟﻢ ﻳﺜﺒﺖ ﻓﻴﻪ ﻋﻦ ﺍﻷﻃﺒﺎﺀ ﺷﻲﺀ ﻭﺗﺮﺩ ﺑﺄﻧﻬﺎ ﺷﻬﺎﺩﺓ ﻧﻔﻲ ﻻ ﻳﺤﺴﻦ ﺑﻬﺎ ﺭﺩ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ، ﻭﻳﻜﻔﻲ ﻓﻲ ﺇﺛﺒﺎﺗﻪ ﺧﺒﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﺬﻱ ﻫﻮ ﺃﻋﺮﻑ ﺑﺎﻟﻄﺐ ﻣﻦ ﻏﻴﺮﻩ . ﻭﺿﺎﺑﻂ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ ﺃﻥ ﺗﺆﺛﺮ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﺴﺨﻮﻧﺔ ﺑﺤﻴﺚ ﺗﻔﺼﻞ ﻣﻦ ﺍﻹﻧﺎﺀ ﺃﺟﺰﺍﺀ ﺳﻤﻴﺔ ﺗﺆﺛﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺪﻥ، ﻻ ﻣﺠﺮﺩ ﺍﻧﺘﻘﺎﻟﻪ ﻣﻦ ﺣﺎﻟﺔ ﻷﺧﺮﻯ ﺑﺴﺒﺒﻬﺎ، ﻭﺇﻥ ﻧﻘﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻋﻦ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ ﺍﻻﻛﺘﻔﺎﺀ ﺑﺬﻟﻚ، ﻭﺷﻤﻞ ﺫﻟﻚ ﻣﺎ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻣﻐﻄﻰ ﺣﻴﺚ ﺃﺛﺮﺕ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﺘﺄﺛﻴﺮ ﺍﻟﻤﺎﺭ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﻜﺸﻮﻑ ﺃﺷﺪ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﻟﺸﺪﺓ ﺗﺄﺛﻴﺮﻫﺎ ﻓﻴﻪ، ﻭﻳﺸﺘﺮﻁ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻲ ﻣﻨﻄﺒﻊ ﻛﺤﺪﻳﺪ ﻭﻧﺤﺎﺱ ﻟﻴﺨﺮﺝ ﺑﻪ ﻏﻴﺮﻩ ﻛﺎﻟﺨﺰﻑ ﻭﺍﻟﺨﺸﺐ ﻭﺍﻟﺠﻠﻮﺩ ﻭﺍﻟﺤﻴﺎﺽ، ﺇﻻ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻤﻨﻄﺒﻊ ﻣﻦ ﺫﻫﺐ ﺃﻭ ﻓﻀﺔ ﻟﺼﻔﺎﺀ ﺟﻮﻫﺮﻫﻤﺎ ﻓﻼ ﻳﻨﻔﺼﻞ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﺷﻲﺀ ﻭﻻ ﻓﺮﻕ ﻓﻴﻬﻤﺎ، ﻭﻓﻲ ﺍﻟﻤﻨﻄﺒﻊ ﻣﻦ ﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ﺑﻴﻦ ﺃﻥ ﻳﺼﺪﺃ ﺃﻭ ﻻ، ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﻤﻤﻮﻩ ﺑﺄﺣﺪﻫﻤﺎ ﻓﺎﻷﻭﺟﻪ ﻓﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﻘﺎﻝ : ﺇﻥ ﻛﺜﺮ ﺍﻟﺘﻤﻮﻳﻪ ﺑﻪ ﺑﺤﻴﺚ ﻳﻤﻨﻊ ﺍﻧﻔﺼﺎﻝ ﺷﻲﺀ ﻣﻦ ﺃﺻﻞ ﺍﻹﻧﺎﺀ ﻟﻢ ﻳﻜﺮﻩ، ﻭﺇﻻ ﻛﺮﻩ ﺣﻴﺚ ﺍﻧﻔﺼﻞ ﻣﻨﻪ ﺷﻲﺀ ﻳﺆﺛﺮ، ﻭﻳﺠﺮﻱ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺍﻹﻧﺎﺀ ﺍﻟﻤﻐﺸﻮﺵ، ﻭﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﻘﻄﺮ ﺣﺎﺭ ﻟﻴﺨﺮﺝ ﺍﻟﺒﺎﺭﺩ ﻛﺎﻟﺸﺎﻡ ﻭﺍﻟﻤﻌﺘﺪﻝ ﻛﻤﺼﺮ؛ ﻷﻥ ﺗﺄﺛﻴﺮ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﺿﻌﻴﻒ ﻓﻼ ﻳﺘﻮﻗﻊ ﺍﻟﻤﺤﺬﻭﺭ، ﻭﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻭﻗﺘﻬﺎ ﻟﻴﺨﺮﺝ ﺑﺬﻟﻚ ﻏﻴﺮﻩ ﻭﺃﻥ ﻳﺒﻘﻰ ﻋﻠﻰ ﺣﺮﺍﺭﺗﻪ، ﻓﻠﻮ ﺑﺮﺩ ﺯﺍﻟﺖ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ

At-Taqrirot Asy-Syadidah, Hal : 58-59

ﻭﺷﺮﻭﻁ ﻛﺮﺍﻫﻴﺔ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ ﺗﺴﻌﺔ ﺷﺮﻭﻁ , ﻓﺈﺫﺍ ﺍﺧﺘﻞ ﺷﺮﻁ ﻣﻨﻬﺎ ﺯﺍﻟﺖ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ – ﻏﻠﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ - -1 ﺃﻥ ﻳﺘﺄﺛﺮ ﺑﺤﺮﺍﺭﺓ ﺍﻟﺸﻤﺲ , -2 ﺍﻥ ﻳﺴﺘﻌﻤﻞ ﺣﺎﻟﺔ ﺗﺄﺛﺮﻩ ﺑﺎﻟﺤﺮﺍﺭﺓ , ﺃﻱ : ﻭﻫﻮ ﺳﺎﺧﻦ . -3 ﺃﻥ ﻳﺴﺘﻌﻤﻠﻪ ﺍﻟﺤﻲ ‏( 2 ‏) . -4 ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻲ ﺇﻧﺎﺀ ﻣﻨﻄﺒﻊ ﻛﺎﻟﺤﺪﻳﺪ ﻭﺍﻟﻨﺤﺎﺱ ﻭﺍﻟﺮﺻﺎﺹ , ﺇﻻ ﺍﻟﺬﻫﺐ ﻭﺍﻟﻔﻀﺔ ‏( 3 ‏) . -5 ﺍﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻲ ﻭﻗﺖ ﺣﺎﺭ . -6 ﺃﻥ ﻳﺴﺘﻌﻤﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺪﻥ ﻻ ﻓﻲ ﺍﻟﺜﻮﺏ . -7 ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻲ ﻗﻄﺮ ﺣﺎﺭ ‏( 1 ‏) ﻛﺎﻟﺤﺠﺎﺯ ﻭﺣﻀﺮ ﻣﻮﺕ . -8 ﺃﻥ ﻻ ﻳﺘﻌﻴﻦ , ﺑﺄﻥ ﻭﺟﺪ ﻏﻴﺮﻩ . -9 ﺃﻥ ﻻ ﻳﺨﺸﻰ ﺍﻻﻟﻢ , ﻓﺈﻥ ﺧﺸﻲ ﺍﻷﻟﻢ ﺣﺮﻡ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﻄﻬﺎﺭﺓ ﻣﻨﻪ
......................................

2- ﻓﻼ ﻳﻜﺮﻩ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﻓﻲ ﺣﻖ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﻋﻨﺪ ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ , ﻭﻻ ﻓﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺤﻲ ﻭﺍﻟﻤﻴﺖ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺮﻣﻠﻲ , ﻓﻴﻜﺮﻩ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﻟﻬﻤﺎ
3- ﻟﺼﻔﺎﺀ ﺟﻮﻫﺮﻫﻤﺎ ﻓﻼ ﻳﻨﻔﺼﻞ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﺷﻴﺊ ﻣﻦ ﺍﻟﺰﻫﻮﻣﺔ
1- ﻷﻥ ﺗﺄﺛﻴﺮ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻓﻲ ﻏﻴﺮﻩ ﺿﻌﻴﻒ ﻓﻼ ﻳﺘﻮﻗﻊ ﺍﻟﻤﺤﺬﻭﺭ

Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, Juz : 1 Hal : 87

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ : ﻭﻻ ﻳﻜﺮﻩ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﺇﻻ ﻣﺎ ﻗﺼﺪ ﺇﻟﻰ ﺗﺸﻤﻴﺴﻪ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻜﺮﻩ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﺑﻪ ﻭﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻣﻦ ﻗﺎﻝ ﻻ ﻳﻜﺮﻩ ﻛﻤﺎ ﻻ ﻳﻜﺮﻩ ﺑﻤﺎﺀ ﺗﺸﻤﺲ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺮﻙ ﻭﺍﻷﻧﻬﺎﺭ ﻭﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﺍﻷﻭﻝ ﻭﺍﻟﺪﻟﻴﻞ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﺎ ﺭﻭﻱ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ ﻟﻌﺎﺋﺸﺔ ﻭﻗﺪ ﺳﺨﻨﺖ ﻣﺎﺀ ﺑﺎﻟﺸﻤﺲ ﻳﺎ ﺣﻤﻴﺮﺍﺀ ﻻ ﺗﻔﻌﻠﻲ ﻫﺬﺍ ﻓﺎﻧﻪ ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ

.............................................

ﺍﻟﺸﺮﺡ : ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭ ﺿﻌﻴﻒ ﺑﺎﺗﻔﺎﻕ ﺍﻟﻤﺤﺪﺛﻴﻦ ﻭﻗﺪ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻣﻦ ﻃﺮﻕ ﻭﺑﻴﻦ ﺿﻌﻔﻬﺎ ﻛﻠﻬﺎ ﻭﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﻳﺠﻌﻠﻪ ﻣﻮﺿﻮﻋﺎ : ﻭﻗﺪ ﺭﻭﻯ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻓﻲ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩﻩ ﻋﻦ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﺍﻟﺨﻄﺎﺏ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺃﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻳﻜﺮﻩ ﺍﻻﻏﺘﺴﺎﻝ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ ﻭﻗﺎﻝ ﺇﻧﻪ ﻳﻮﺭﺙ ﺍﻟﺒﺮﺹ ﻭﻫﺬﺍ ﺿﻌﻴﻒ ﺃﻳﻀﺎ ﺑﺎﺗﻔﺎﻕ ﺍﻟﻤﺤﺪﺛﻴﻦ ﻓﺈﻧﻪ ﻣﻦ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻳﺤﻴﻰ ﻭﻗﺪ ﺍﺗﻔﻘﻮﺍ ﻋﻠﻰ ﺗﻀﻌﻴﻔﻪ ﻭﺟﺮﺣﻮﻩ ﻭﺑﻴﻨﻮﺍ ﺃﺳﺒﺎﺏ ﺍﻟﺠﺮﺡ ﺇﻻ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﺈﻧﻪ ﻭﺛﻘﻪ ﻓﺤﺼﻞ ﻣﻦ ﻫﺬﺍ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ ﻻ ﺃﺻﻞ ﻟﻜﺮﺍﻫﺘﻪ ﻭﻟﻢ ﻳﺜﺒﺖ ﻋﻦ ﺍﻻﻃﺒﺎﺀ ﻓﻴﻪ ﺷﺊ ﻓﺎﻟﺼﻮﺍﺏ ﺍﻟﺠﺰﻡ ﺑﺄﻧﻪ ﻻ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﻓﻴﻪ

Fathul Qorib, Hal : 25-26

ﺛﻢ ﺍﻟﻤﻴﺎﻩ ‏) ﺗﻨﻘﺴﻢ ‏( ﻋﻠﻰ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﻗﺴﺎﻡ ‏) : - ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ .- ‏( ﻭ ‏) ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ‏( ﻃﺎﻫﺮ ‏) ﻓﻲ ﻧﻔﺴﻪ ‏( ﻣﻄﻬﺮ ‏) ﻟﻐﻴﺮﻩ ‏( ﻣﻜﺮﻭﻩ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ‏) ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺪﻥ، ﻻ ﻓﻲ ﺍﻟﺜﻮﺏ؛ ‏( ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺸﻤﺲ ‏) ﺃﻱ ﺍﻟﻤﺴﺨﻦ ﺑﺘﺄﺛﻴﺮ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻓﻴﻪ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻳﻜﺮﻩ ﺷﺮﻋﺎ ﺑﻘﻄﺮ ﺣﺎﺭ ﻓﻲ ﺇﻧﺎﺀ ﻣﻨﻄﺒﻊ ﺇﻻ ﺇﻧﺎﺀ ﺍﻟﻨﻘﺪﻳﻦ ﻟﺼﻔﺎﺀ ﺟﻮﻫﺮﻫﻤﺎ . ﻭﺇﺫﺍ ﺑﺮﺩ ﺯﺍﻟﺖ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ . ﻭﺍﺧﺘﺎﺭ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻋﺪﻡ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ

No comments:

Post a Comment